Hubungan Politik dan Bisnis


BAB I
PENDAHULUAN

A.        Latar Belakang

            Politik dan bisnis mempunyai pola hubungan yang saling terkait. Layaknya hubungan timbal balik antar individu, aktifitas politik seharusnya dapat menunjang kegiatan bisnis dalam sebuah lingkup Negara. Hal yang sama terjadi dengan bisnis yang dapat mendukung kegiatan politik untuk mempertahankan kedaulatan Negara.

            Tidak heran, jika kita lihat para pelaku bisnis sangat dekat dengan dunia politik. Bahkan, beberapa di antaranya juga merupakan figur politik yang sangat dikenal oleh masyarakat. Keterlibatan mereka dapat kita rasakan saat pemilihan kepala daerah maupun pemilihan anggota legislative baik di tingkat nasional maupun tingkat daerah. Mereka menyadari bahwa para elit politik ini memegang peranan penting dalam membuat kebijakan yang nantinya akan menentukan iklim perekonomian di daerah tersebut.

B.        Latar Belakang Masalah
1)      Apa pengertian politik ?
2)      Apa pengerian Bisnis ?
3)      Bagaimana hubungan politik dan bisnis di indonesia ?
4)      Bagaimana pengaruh politik terhadap bisnis ?


C.        Tujuan Permasalahan
1)      Kita dapat mengetahui pengertian dari politik
2)      Kita dapat mengetahui pengertian dari bisnis
3)      Kita dapat mengetahui hubungan politik dan bisnis
4)      Kita dapat mengetahui pengaruh politik terhadap bisnis


BAB II
PEMBAHASAN
A.        Pengertian politik
            Pengertian politik secara umum politik adalah pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang berwujud proses pembuatan keputusan, terkhusus pada negara. Pengertian Politik jika ditinjau dari kepentingan penggunanya dimana pengertian politik terbagi atas dua yaitu pengertian politik dalam arti kepentingan umum dan pengertian politik dalam arti kebijaksanaan. Pengertian politik dalam arti kepentingan umum adalah segala usaha demi kepentingan umum baik itu yang ada dibawah kekuasaan negara maupun pada daerah.pengertian politik secara singkat  atau sederhana adalah teori, metode atau teknik dalam memengaruhi orang sipil atau individu. Politik merupakan tingkatan suatu kelompok atau individu yang membicarakan mengenai hal-hal yang terjadi didalam masyarakat atau negara. Seseorang yang menjalankan atau melakukan kegiatan politik disebut sebagai "Politikus”

B.        Pengertian Bisnis
            Dalam ilmu Ekonomi, bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Dalam ekonomi kapitalis, di mana kebanyakan bisnis dimiliki oleh pihak swasta, bisnis dibentuk untuk mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya. Pemilik dan operator dari sebuah bisnis mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu, usaha, atau kapital yang mereka berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Model bisnis seperti ini kontras dengan sistem sosialistik, di mana bisnis besar kebanyakan dimiliki oleh pemerintah, masyarakat umum, atau serikat pekerja.
Secara etimologi, bisnis berarti keadaan di mana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan pekerjaan yang menghasilkan keuntungan. Kata "bisnis" sendiri memiliki tiga penggunaan, tergantung skupnya — penggunaan singular kata bisnis dapat merujuk pada badan usaha, yaitu kesatuan yuridis (hukum), teknis, dan ekonomis yang bertujuan mencari laba atau keuntungan. Penggunaan yang lebih luas dapat merujuk pada sektor pasar tertentu, misalnya "bisnis pertelevisian." Penggunaan yang paling luas merujuk pada seluruh aktivitas yang dilakukan oleh komunitas penyedia barang dan jasa. Namun definisi "bisnis" yang tepat masih menjadi bahan perdebatan hingga saat ini.

C.        Hubungan Politik dan Bisnis
            Hubungan bisnis dengan politik merupakan hubungan yang sangat erat kaitannya dan saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya. Politik akan memberikan pengaruh yang sangat besar untuk perjalanan bisnis anda. Situasi politik yang tidak stabil akan mengakibatkan perekonomian yang merosot sehingga memiliki dampak besar terhadap bisnis yang sedang anda jalani.
            Maka dari itu jika anda akan melakukan sebuah bisnis maka anda seharusnya memiliki kepekaan dan pengetahuan terhadap politik yang sedang terjadi sehingga anda mampu untuk membaca dan memprediksi perkembangan bisnis yang akan terjadi dimasa yang akan datang sehingga anda harus mempersiapkan strategi bisnis yang terbaik untuk mengatasinya. Apalagi bisnis yang anda jalani merupakan bisnis lintas negara yang sedang mengalami konflik politik, anda harus bersiap siap jika sesuatu hal pecah yang mengakibtkan sebuah konflik yang sangat besar yang akan berdampak negatif pada bisnis anda seperti konflik perang, konflik pemboikotan atas sebuah produk tertentu, atau perubahan kebijakan pemerintah dan konflik konflik politik lainnya yang mungkin akan mengakibatkan dampak negatif dan kerugian terhadap bisnis anda. Karena politik yang berlaku disuatu negara akan mempengaruhi lingkung perekonomian atau kinerja bisnis yang mungkin akan memanas.
           
 Permasalahan politik yang ada juga akan berpengaruh terhadap bisnis bisnis yang kecil hingga menengah. Bisnis bisnis dengan level menengah ke bawah akan merasakan dampak dari politik yang ada, makanya anda harus mengetahui perubahan apa yang akan terjadi dari sebuah politik pemerintahan atau sebuah kebijakan pemerintahan, apakah mendukung atau bahkan merugikan. Anda harus menyadarinya dan harus selalui mencari informasi politik terutama yang akan mempengaruhi untuk bisnis anda sehingga anda tidak terkena resiko yang akan ditimbulkan dari dampak politik yang tidak bersahabat dengan bisnis yang anda jalani. Karena hubungan bisnis dengan politik merupakan sesuatu yang bisa berjalan dengan saling berdampingan untuk mencapai sebuah tujuan sesuai dengan rencana bisnis dan rencana politik untuk menghasilkan sebuah perekonomian yang lebih baik, tapi hubungan bisnis dengan politik juga akan berjalan dengan saling berlawanan yang mengakibatkan terjadi ketidak sepahaman sehingga menimbulkan dampak negatif dari salah satu bidang, baik itu dampak negatif bagi bidang politik atau dampak negatif bagi perjalanan bisnis.
            Ada beberapa aspek lingkungan politik yang harus anda ketahui dan harus anda pertimbangkan ketika anda melakukan bisnis yaitu :

1.         Stabilitas Pemerintahan.     
  Stabilitas pemerintahan akan sangat penting untuk sebuah bisnis, karena masa depan bisnis akan bergantung pada politik yang sedang berlangsung. Ketidak stabilan politik akan membuat anda kesulitan untuk menjalankan sebuah bisnis, sebuah perubahan politik yang mendadak akan mengakibatkan anda kehilangan modal dan kerugian yang besar dan risiko kehilangan bisnis yang besar.

2.         Hubungan Internasional.  
   Hubungan suatu pemerintahan antara negara yang satu dengan yang lainya tidak selalu stabil, bisa saja terjadi keburukan situasi politik yang akan mengakibatkan dampak terutama bagi anda yang melakukan bisnis online. Biasanya dampak politik yang tidak baik terhadap bisnis online berada pada proses pembayaran yang tidak berjalan dengan sempurna karena kebanyakan proses pembayaran di bisnis online menggunakan Paypal atau dengan Clickbank sehingga akan berakibat berkurangnya penjualan bagi negara negara tertentu yang sedang mengalami konflik politik karena proses pembayaran yang mengalami hambatan.

3.         Birokrasi Pemerintahan.     
 Lingkungan politik seperti ini akan menghambat sebuah bisnis yang dibangun secara lintas negara. Investor dan pengusaha asing akan mengalami kesulitan untuk membuka bisnis karena pemerintahan setempat akan mencegah untuk tumbuhnya perusahaan asing yang potensial untuk tumbuh disuatu negara.

            Sebagai kesimpulan hubungan bisnis dengan politik memiliki keterkaitan yang sangat erat untuk sebuah keharmonisan sebuah perekonomian. Perlu adanya kestabilan yang saling mendukung antara sebuah kebijakan politik dan perjalanan bisnis yang sedang dijalani. Dan anda sebagai pelaku bisnis harus mennjaga diri agar tetap siaga untuk berbagai kemungkinan yang terjadi sehingga anda telah memeprsiapkan sagala hal yang diakibatkan oleh konflik politik yang terjadi. Perubahan politik akan menciftakan peluang positif dan negatif tergantung pada bisnis yang anda jalani dan memanfaatkan situasi yang ada.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Lahirnya Sosiologi

Opini Tentang Masalah Sosial dalam Masyarakat

LEMBAGA KEMENTRIAN (WIZARAH AL-TAFWIDH DAN WIZARAH AL-TANFIDZ)